Sabtu, 26 Maret 2016

Berbuka di Sorga

Tidak ada komentar :
Kiai Muhammad Dahlan Bisri, orang orang biasa memanggil beliau dengan sebutan Mudib singkatan dari nama beliau.

Perkenalan saya dengan beliau seakan datang kembali. Tahun 1996 Adalah waktu awal berjumpa ketika beliau membelai saya dengan ushul Fiqh dan Fiqh Ibadah di kelas.

Sejak mengenal beliau puluhan tahun yg lalu. Beliau tidak pernah marah atau bermuka masam. Bagi saya, beliau contoh yg sangat Indah.

Pagi ini, saya bertemu beliau terakhir kalinya. Wajah bekas wudlu masih terlihat basah. Sebelum masuk kelas beliau selalu shalat hajat dan berdoa buat muridnya. Beliau juga menolak bersalaman dengan mahasiswi karena takut membatalkan wudlunya.
Pagi ini seutas senyum hadir menyapa, wajahnya yg teduh juga berbinar indah beliau terlihat gembira ingin mengawali kuliah.

“Mucal nopo sak meniko gus?”
Saya menunjukkan absen kuliah saya kepada beliau. Sebaliknya beliau juga menunjukkan absennya.
“Seng sabar yen mucal, ikhlas lan pun supeh tirakat”
Saya tersipu malu kalau sudah bicara tirakat, beliau pantang masuk kelas tanpa punya wudlu dan shalat hajat buat para mahasiswa dan mahasiswinya.

15 menit berlalu, tiba-tiba kolega kepegawaian berlari menghampiri, pak Fajar, kiai Dahlan sedo.
Saya kaget dan berlari menyusulnya. Dokter kampus sudah bawa tensi digital, tensi manual dan alat-alat lain yg dibutuhkan. Saya melihat Alat itu kemudian dilepas satu persatu.

“Beliau sudah wafat!” Bu dokter bicara pelan tertahan. Tangis pecah, bagaimana mungkin beliau kembali begitu cepat. Sejam lalu beliau masih menasihatiku.
"Beliau tadi masuk kelas, berucap salam membaca fatihah buat awal kuliah, lalu duduk ambil absen buat memanggil muridnya. Setelah absen dibuka beliau diam dan meninggal." Kosma terbata bata menerangkan sambil tetes air mata tak berhenti memenuhi wajahnya.

Entah mengapa, waktu berjalan sangat amat cepat. Tiba tiba ambulan sudah ada, dokter periksa juga sudah ada, bapak rektor berikut dekan ada. Begitu juga karyawan, bus dan belasan mobil siap takziyah.

Saya tidak pernah melihat pelepasan jenazah serapi dan secepat ini. Tidak perlu lama saya sampaikan kabar duka dalam sambutan singkat. Bapak rektor memberikan wejangan yg sangat indah dan syahdu. Ambulan berjalan cepat begitu juga dengan mobil iringan.

Sampai di rumah duka saya serahkan tas beliau kepada Bu Nyai. Beliau menerima dengan tenang sementara ribuan santri darul ulum sudah larut dalam dzikir fida. Sebelum jenazah diangkat saya cium dua kakinya sebagai tanda hormat. Bu nyai berkata “Mohon doanya Gus, yai meninggal dalam keadaan puasa. Saya yakin waktu buka nanti beliau berbuka di surga.”

Beliau wafat di ruang kelas kala mengajar. Beliau di shalati bergelombang gelombang di Masjid darul ulum. Lantunan Fida dan air mata bersahutan.
Selamat jalan guru dan imamku. Jika aku mengajar dinilai ibadah, aku adalah jariahmu hingga ajalku juga tiba.



Ditulis oleh Bpk. A. Fajruddin Fatwa.


Tidak ada komentar :

Posting Komentar